Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfagih Al-Alawy

Hafal Ribuan Hadits

Di Kota Bunga, Malang, Jawa Timur, ada seorang auliya’ yang terkenal karena ketinggian ilmunya. Ia juga hafal ribuan hadits bersama dengan sanad-sanadnya.

Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih Al-Alawy dilahirkan di kota Tarim, Hadramaut, pada hari Selasa 15 Safar tahun 1316 H/1896 M. Saat bersamaan menjelang kelahirannya, salah seorang ulama besar, Habib Syaikhan bin Hasyim Assegaf, bermimpi bertemu Sulthanul Auliya’ Syekh Abdul Qadir Jailani. Dalam mimpi itu Syekh Abdul Qadir Jailani menitipkan kitab suci Al-Quranul Karim kepada Habib Syaikhan bin Hasyim Assegaf agar diberikan kepada Habib Ahmad bin Muhammad Bilfagih.
Pagi harinya Habib Syaikhan menceritakan mimpinya kepada Habib Ahmad. Habib Ahmad mendengarkan cerita dari Habib Syaikhan, kemudian berkata, ”Alhamdulillah, tadi malam aku dianugerahi Allah SWT seorang putra. Dan itulah isyarat takwil mimpimu bertemu Syekh Abdul Qadir Jailani yang menitipkan Al-Quranul Karim agar disampaikan kepadaku. Oleh karena itu, putraku ini kuberi nama Abdul Qadir, dengan harapan, Allah SWT memberikan nama maqam dan kewalian-Nya sebagaimana Syekh Abdul Qadir Jailani.”
Demikianlah, kemudian Habib Ahmad memberi nama Abdul Qadir karena mengharap berkah (tafa’ul) agar ilmu dan maqam Abdul Qadir seperti Syekh Abdul Qadir Jaelani.
Sejak kecil, ia sangat rajin dan tekun dalam mencari ilmu. Sebagai murid, ia dikenal sangat cerdas dan tangkas dalam menerima pelajaran. Pada masa mudanya, ia dikenal sebagai orang yang mempunyai perhatian besar terhadap ilmu dan menaruh penghormatan yang tinggi kepada guru-gurunya. Tidaklah dinamakan mengagungkan ilmu bila tidak memuliakan ahli ilmu, demikian filosofi yang terpatri dalam kalbu Habib Abdul Qadir.
Pernah suatu ketika di saat menuntut ilmu pada seorang mahaguru, ia ditegur dan diperingatkan, padahal Habib Abdul Qadir waktu itu pada pihak yang benar. Setelah memahami dan mengerti bahwa sang murid berada di pihak yang benar, sang guru minta maaf. Namun, Habib Abdul Qadir berkata, ”Meskipun saya benar, andaikan Paduka memukul muka hamba dengan tangan Paduka, tak ada rasa tidak menerima sedikit pun dalam diri hamba ini.” Itulah salah satu contoh keteladanan yang tinggi bagaimana seorang murid harus bersopan-santun pada gurunya.
Guru-guru Habib Abdul Qadir, antara lain, Habib Abdullah bin Umar Asy-Syatiry, Habib Alwy bin Abdurrahman Al-Masyhur, Habib Abubakar bin Muhammad Assegaf, Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdor, Syekh Segaf bin Hasan Alaydrus, Syekh Imam Muhammad bin Abdul Qadir Al-Kattany, Syekh Umar bin Harridan Al-Magroby, Habib Ali bin Zain Al-Hadi, Habib Ahmad bin Hasan Alatas, Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy, Syekh Abubakar bin Ahmad Al-Khatib, Syekh Abdurrahman Bahurmuz.
Dalam usia yang masih anak-anak, ia telah hafal Al-Quran. Tahun 1331 H/1912 M, ia telah mendapat ijazah dan berhak memberikan fatwa agama, antara lain di bidang hukum, dakwah, pendidikan, dan sosial. Ini merupakan anugerah Allah SWT yang telah diberikan kepada hamba pilihan-Nya.
Maka tidak berlebihan bila salah seorang gurunya, Habib Alwi bin Abdullah bin Syihab, menyatakan, ”Ilmu fiqih Marga Bilfagih setara dengan ilmu fiqih Imam Adzro’iy, sedangkan dalam bidang tasawuf serta kesusastraan bagai lautan tak bertepi.”
Sebelum meninggalkan kota Tarim untuk berdakwah, di tanah kelahirannya ia sempat mendirikan organisasi pendidikan sosial Jami’yyatul Ukhuwwah wal Mu’awanah dan Jami’yyah An-Nasr Wal Fudho’il tahun 1919 M.
Sebelum berhijrah ke Indonesia, Habib Abdul Qadir menyempatkan diri beribadah haji dan berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. Setelah itu, ia melanjutkan perjalanan dan singgah di beberapa kota dan negara, seperti Aden, Pakistan, India, Malaysia, dan Singapura. Di setiap kota yang disinggahi, ia selalu membina umat, baik secara umum maupun khusus, dalam lembaga pendidikan dan majelis taklim.
Tiba di Indonesia tepatnya di kota Surabaya tahun 1919 M/1338 H dan langsung diangkat sebagai direktur Madrasah Al-Khairiyah. Selanjutnya, ia mendirikan Lembaga Pendidikan Madrasah Ar-Rabithah di kota Solo tahun 1351 H/1931 M.
Selepas bermukim dan menunaikan ibadah haji di Makkah, sekembalinya ke Indonesia tanggal 12 Februari 1945 ia mendirikan Pondok Pesantren Darul Hadits Al-Faqihiyyah dan Perguruan Islam Tinggi di kota Malang. Ia pernah diangkat sebagai dosen mata kuliah tafsir pada IAIN Malang pada 1330 H/1960 M.
Keistimewaan Habib Abdul Qadir adalah, ia ahli ilmu alat, nahwu, sharaf, manthiq, ilmu kalam, serta ma’any, bayan, dan badi (tiga yang terakhir merupakan bagian ilmu sastra). Dalam bidang hadits, penguasaannya adalah bidang riwayat maupun dirayah, dan hafal ribuan hadits. Di samping itu, ia banyak mendapat hadits Al-Musalsal, yakni riwayat hadits yang tersambung langsung kepada Rasulullah SAW. Ini diperolehnya melalui saling tukar isnad (saling menukar periwayatan hadits) dengan Sayid Alwy bin Abas Al-Maliky saat berkunjung ke Makkah.
Sebagai seorang ulama yang menaruh perhatian besar dalam dunia pendidikan, ia juga giat mendirikan taklim di beberapa daerah, seperti Lembaga Pendidikan Guru Agama di Sawangan, Bogor, dan Madrasah Darussalam Tegal, Jawa Tengah.
Banyak santrinya yang di kemudian hari juga meneruskan jejaknya sebagai muballigh dan ulama, seperti Habib Ahmad Al-Habsy (Ponpes Ar-Riyadh Palembang), Habib Muhammad Ba’abud (Ponpes Darul Nasyi’in Malang), Habib Syekh bin Ali Al Jufri (Ponpes Al-Khairat Jakarta Timur), K.H. Alawy Muhammad (Ponpes At-Taroqy Sampang, Madura). Perlu disebutkan, Prof. Dr. Quraisy Shihab dan Prof. Dr. Alwi Shihab pun alumnus pesantren ini.
Habib Abdul Qadir wafat pada 21 Jumadil Akhir 1382 H/19 November 1962 dalam usia 62 tahun. Kala saat-saat terakhirnya, ia berkata kepada putra tunggalnya, Habib Abdullah, ”… Lihatlah, wahai anakku. Ini kakekmu, Muhammad SAW, datang. Dan ini ibumu, Sayyidatunal Fatimah, datang….” Ribuan umat berdatangan untuk meyampaikan penghormatan terakhir kepada sang permata ilmu yang mumpuni itu. Setelah disemayamkan di Masjid Jami’ Malang, ia dimakamkan di kompleks makam Kasin, Malang, Jawa Timur.

diringkas dari manakib tulisan Habib Soleh bin Ahmad Alaydrus, pengajar Ponpes Darul Hadits Malang, Jawa Timur

38 Tanggapan so far »

  1. 1

    Ahyad said,

    Assalamualaikum, Buat admin yang berbahagia salam kenal. singkat saja ane boleh mengutip semua isi blog ini untuk ane pribadi sebagai pengetahuan. Ahyad. Wassalam.

  2. 2

    RONY said,

    ASSLAMUALAIKUM …..BELIAU JUGA PERNAH BERKATA….AHLI ILMU ITU BANYAK…..AHLI BERKAH ITU SEDIKIT….DAN ORANG YANG MEMILIKI KEDUANYA…LEBIH SEDIKIT,….BELIAU ADALAH AHLI KEDUANYA….YA AHLI ILMU…YA AHLI BERKAH, BELIAU ILMUNYA LUAS BAGAI LAUTAN….DAN BISA MEMBERIKAN KEBERKAHAN KEPADA SANTRINYA…

  3. 4

    nur hasan said,

    semoga ana dan keluarga ana mendapat berkahnya ,amiiiiin

  4. 5

    achmad aljufrye said,

    salam kenal semua………

    ya ahlul janah :)

  5. 6

    klulaku said,

    Assalamu’alaikum wr wb

    Salam kenal saudaraku, salam kenal buat seluaruh pecinta Rasulullah SAW, sungguh sangat bermanfaat sekali semua artikel2nya, mohon ijin untuk mengcopy artikel2 yang ada di web ini, sukron katsiron.

    Wassalamu’alaikum wr wb

  6. 7

    kombali said,

    Assalamu’alikum. Semoga dengan mengenal manaqib beliau habib Abdul Qodir bin ahmad bilfaqih al-alawy menjadi wasilah untuk mengikuti thoriqohnya dan dapat berkumpul bersamanya di akhirat nanti.

  7. 8

    Bambang aryad said,

    Assalamualaikum wr.wb
    Alhamdulillah sbg pengikut ahlu sunah wal jamaah stlh membaca dan mengetahui manakib2 dr web anda byk skl manfaat yg kt peroleh diantaranya akan menambah kecintaan kt kpd ahlul bait serta auliya2 allah,sdh jelas bahwa kita nanti akan dihidupkan lg bersama dgn org2 yg dicintainya…
    Sukron jaziiron.

  8. 9

    nabil al-djufri said,

    assalamu`alaikuM ……………
    smoga qta semua mendapat rido ALLAH SWT N syafaat RASULLAH SAW…. SERTA keberkahan selalu myertai qta selalu.
    AMIEN ya RABB.

  9. 10

    ahamad faruk said,

    menurut guruku, beliau berkata : segala sesuatu didunia ini ada zakatnya…..seperti tubuh kita iru perlu dizakati dengan solat dluha…..dan untuk zakatnya ilmu itu adalah mengajar…jika orang muslim mengerti ini maka meskipun tidak dibayar/ bayarannya rendah maka akan tetap memgajar…….pahami dan renungilah…..,<>

    • 11

      ilham said,

      Subhan seorang Dosen IAILM Suryalaya pernah silaturahmi kepada Tuan Guru Ijai Martapura Kalimantan Selatan. Tuan guru Ijai menyebutkan SYEH A. SHOHIBUL WAFA TAJUL ARIFIN ADALAH LAUTAN THORIQOH..

      Tuan Guru Ijai dikenal sebagai seorang Wali Mursyid yg masyhur yang di kunjungi para alim ulama Habaib dari belahan dunia nama lengkapnya Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh Muhammad Zaini Abd. Ghani ( Tuan Guru Ijai ) bin Al ‘arif Billah Syekh Abd. Ghani bin Syekh Abd. Manaf bin Syekh Muh. Seman bin Syekh. M, Sa’ad bin Syekh Abdullah bin ‘Alimul ‘allamah Mufti Syekh. M. Khalid bin ‘Alimul ‘allamah Khalifah Syekh. Hasanuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.
      Seorang Wali besar Mufti Kesultanan Indragiri Syekh Abd Rahman Shiddiq, berpendapat bahwa Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari adalah keturunan Alawiyyin melalui jalur Sultan Abdurrasyid Mindanao.

      Jalur nasabnya ialah Maulana Muhammad Arsyad Al Banjari bin Abdullah bin Abu Bakar bin Sultan Abdurrasyid Mindanao bin Abdullah bin Abu Bakar Al Hindi bin Ahmad Ash Shalaibiyyah bin Husein bin Abdullah bin Syaikh bin Abdullah Al Idrus Al Akbar (datuk seluruh keluarga Al Aidrus) bin Abu Bakar As Sakran bin Abdurrahman As Saqaf bin Muhammad Maula Dawilah bin Ali Maula Ad Dark bin Alwi Al Ghoyyur bin Muhammad Al Faqih Muqaddam bin Ali Faqih Nuruddin bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khaliqul Qassam bin Alwi bin Muhammad Maula Shama’ah bin Alawi Abi Sadah bin Ubaidillah bin Imam Ahmad Al Muhajir bin Imam Isa Ar Rumi bin Al Imam Muhammad An Naqib bin Al Imam Ali Uraidhy bin Al Imam Ja’far As Shadiq bin Al Imam Muhammad Al Baqir bin Al Imam Ali Zainal Abidin bin Al Imam Sayyidina Husein bin Al Imam Amirul Mu’minin Ali Karamallah wa Sayyidah Fatimah Az Zahra binti Rasulullah SAW. http://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Arsyad_al-Banjari_bin_Abdullah_Al_Aidrus.

      ‘Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Syekh M. Zaini Abd. Ghani adalah seorang ulama yang menghimpun antara thariqat dan haqiqat, dan beliau seorang yang Hafazh AI-Quran beserta hafazh Tafsirnya, yaitu Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim Lil-Imamain Al-Jalalain. Beliau seorang yang “mahfuzh”, yaitu suatu keadaan yang sangat jarang sekali terjadi, kecuali bagi orang orang yang sudah dipilih oleh Allah SWT. beliau tidak pernah ihtilam.

      Pada usia 9 tahun di malam jumat beliau bermimpi melihat sebuah kapal besar turun dari langit. Di depan pintu kapal berdiri seorang penjaga dengan jubah putih dan di gaun pintu masuk kapal tertulis “Safinah al-Auliya”. Beliau ingin masuk, tapi dihalau oleh penjaga hingga tersungkur. Beliaupun terbangun. Pada malam jum’at berikutnya, beliau kembali bermimpi hal serupa. Dan pada malam jumat ketiga, beliau kembali bermimpi serupa. Tapi kali ini beliau dipersilahkan masuk dan disambut oleh salah seorang syaikh. Ketika sudah masuk beliau melihat masih banyak kursi yang kosong. Ketika beliau merantau ke tanah Jawa untuk mencari ilmu, tak disangka orang yang pertama kali menyambut beliau dan menjadi guru adalah orang yang menyambut beliau dalam mimpi tersebut.

      Dalam usia 10 tahun sudah mendapat khususiat dan anugerah dari Tuhan berupa Kasyaf Hissi yaitu melihat dan mendengar apa-apa yang ada di dalam atau yang terdinding. Pernah rumput-rumputan memberi salam kepada beliau dan menyebutkan manfaatnya untuk pengobatan dari beberapa penyakit, begitu pula batu-batuan dan besi.

  10. 13

    amir said,

    Assalamu a’laikum.. Ya Akhi, mohon ijinnya untuk membaca, mengcopy dan mendownload isi blog ini. sukron

  11. 14

    Yudhi kal-sel said,

    Ass.Wr.Wb. Subahanallah walhamdulillah walailahailallah allahuakbar. Terima kasih ana ucapkan kpd ente yg bnyk sekali membuat artikel2 islami ini apalagi kt telah mengetahui informasi aulia2 4jj1 yg mulia ini, agar kt dpt mencintai rasulullah n pengikutny…Amin…Sumasalamualikum wr.Wb

  12. 15

    majlisalkhair said,

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Semoga Allah melimpahkan Rahmat dan Ampunan Nya kepada kita semua. Saudaraku…ane mau mengundang antum semua untuk mengunjungi situs kami di http://majlisalkhair.wordpress.com
    Mudah-mudahan ada kebaikannya buat kita semua. ..Amin..
    Majlis ane bernama Majlis Ratibul ‘Athos Al Khair Pramuka yang merupakan majelis yang mendawamkan Ratibul ‘Athos yang kami baca secara berjamaah setiap malam jum’at jam 20.00 WIB s/d selesai yang beralamat di Jl. Pramuka Jati III (Depan Pasar Burung Pramuka) Paseban Jakarta Pusat.
    Pendiri majlis ini merupakan salah satu sahabat dekat Al Hafiz Al Mursyid Adduktur Al Habib Abdullah bin Abdul Qodir bin Ahmad bil Faqih Al Alawy Malang Jawa Timur. Dimasa hidupnya Habib Abdullah setiap 3 bulan sekali berkunjung ke Jakarta yaitu ke Majlis Ratibul Athos Al Khair Pramuka bertemu guru kami Syekh Muhammad Naman Maulana Al Maghribi. Kebetulan salah satu jamaah kami merupakan orang dekatnya Habib Abdullah yaitu Ustad Najbudin (Tafifuddin).Ane sangat senang sekali jika antum semua berkenan hadir ke majlis kami.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  13. 16

    zul adzra'ie said,

    Assalamua’laikum warrahmatullah ya akhi…

    Salam perkenalan, ana gembira dengan penemuan web ini… ana gembira dapat mengenali para ulama’2 muktabar, ana gembira membaca komentar2 pencinta agama… sahabat2 soleh yang mentaati Allah dan Rasulnya… bagaimana dapat berkomunikasi dengan kalian semoga Allah pertemukan antum dengan ana… atas asbab kemudahan internet ini InsyaAllah….

  14. 17

    tony herdiawan said,

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Salam perkenalan, saya sangat menyukai seluruh isi dari web ini, dan kiranya sangat bermanfaat bagi saya dan umat pada umumnya dan sungguh sangat bermanfaat sekali semua artikel2nya, oleh karena itu untuk supaya menambah pengetahuan bagi umat mohon ijin untuk mengcopy artikel2 yang ada di web ini, sukron katsiron.

  15. 18

    dedi said,

    Assalamu’alaikum

    salam kenal
    Mohon izinnya untuk meng copas Asma’ul Husna(udah di copas duluan)
    makasih banyak

  16. 19

    manatuhanallah said,

    ALLAH BERADA DI BUMI MENJELANG KIAMAT!!!!

    Tenang-tenangkan diri…
    Sila layari manatuhanallah.wordpress.com/

    Setelah layari, sila buat aduan kpd jabatan agama atau pihak berwajib sebelum membuat sebarang penilaian…

    - Terima Kasih

    Krulayar

  17. 20

    [...] Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfagih Al-Alawy [...]

  18. 21

    ilham said,

    Syeh Nazim telah menegaskan : Maka Anda sekalian para hadirin, ambillah Nur Illahi itu dari QOLBU Syeh A. Shohibul WafaTajul Arifin saat ini. Mumpung beliau masih ada, mumpung beliau masih hadir di tengah kita, SULUTKAN NUR ILLAHI dari QOLBU BELIAU kepada qolbu anda masing-masing.
    Di hadapan beliau SAYA TERLALU MALU UNTUK TIDAK MENGAMBIL apa yang ada pada QOLBU BELIAU. Saya malu untuk berbicara hanya dengan apa yang ada pada qolbu saya sendiri.
    KH. Wahfiudin adalah murid Syeh Nazim orang kpercayan Syeh bahkan ditunjuk tuk mendampingi menerjemahkan smua ucapan Syeh Nazim Selama berkunjung di Indonesia. KH. Wahfiudin telah menegaskan tidak ada bai’at Abah Anom dengan Syeh Nazim. KH. Wahfiudin merasa perlu mengungkapkan ini semua jangan sampai ada kekeliruan/kesalah pahaman diantara kita semua.

    KEDUDUKAN SYEIKH AHMAD SHOHIBUL WAFA TAJUL ARIFIN QS. (ABAH ANOM) DALAM PANDANGAN AS-SAYYID Al-‘ALAMAH Al-‘ARIF BILLAH SYEIKH MUHAMMAD BIN ‘ALAWI AL-MALIKI AL-HASANI RA

    Kisah ini diambil dari majalah nuqthoh terbitan yang no 9 tanggal 26 januari 2010 M, hal 32 dengan judul “Mengenal Abah Anom melalui pandangan batinnya”
    MENGAKUI KEMULIAAN ABAH ANOM Kurang dari 40 hari menjelang wafatnya Beliau Sayyid Muhammad Al-Maliki Al-Hasani ra. Salah seorang santrinya asal garut bernama KH. Dodi Firmansyah ditanya oleh almarhum. Kiyai muda asal Garut tersebut terperanjat saat al-‘alamah tersebut menanyakan sosok guru yang telah menanamkan kalimat agung dilubuk hatinya. Lebih terkejut lagi saat Ulama tersebut “tercekat” sewaktu disebutkan nama Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin. Secara sepontan Beliau menyebutkan bahwa Syekh ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin adalah Sulthonul Awliya fi hadza zaman ( RAJANYA PARA WALI JAMAN SEKARANG ) bahkan beliaupun menyebutkan QODDASALLAHU SIRROHU bukan rodliyallohu ‘anhu seperti yang kebanyakan disebutkan oleh para ikhwan. Walaupun secara dhohir Syekh Muhammad Alawy Al-Maliki belum bertemu dengan pangersa Abah namun keduanya telah mengenal di alam ruhani yang tak dibatasi ruang dan waktu.
    BIOGRAFI SAYYID MUHAMMAD BIN ‘ALAWI AL-MALIKI RA
    Sayyid Prof. Dr. Muhammad ibn Sayyid ‘Alawi ibn Sayyid ‘Abbas ibn Sayyid ‘Abdul ‘Aziz al-Maliki al-Hasani al-Makki al-Asy’ari asy-Syadzili lahir di Makkah pada tahun 1365 H. Pendidikan pertamanya adalah Madrasah Al-Falah, Makkah, dimana ayah beliau Sayyid Alawi bin Abbas al Maliki sebagai guru agama di sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di Haram Makki, dekat Bab As-salam.Ayah beliau, Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki (kelahiran Makkah th 1328H), seorang alim ulama terkenal dan ternama di kota Makkah.
    Sekilas profil KH.Dodi Firmansyah Usianya masih muda kelahiran garut tahun 1978. Sejak usia SMP ia dikenal ahli hikmah sedangkan ketertarikan dalam dunia tasawwuf ia ke Pondok Pesanttren Suryalaya sejak dimulai kelas 4 SD . Kiayi ini pernah di didik langsung oleh almarhum Al-Alamah Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki ra di mekkah selama 6 tahun. Pulang mesantren dari mekkah pada tahun 2006, kiyai ini menikah dengan Hj.Siti Fatimah putrid seorang pengusaha asal tasik Malaya dan dikaruniai putra yang diberinama M.Lutfi L. Makki Majalah Noqthoh hal. 41: Pendapat KH.Dodi tentang sosok Pangersa Abah Anom : Saya tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. Cukuplah 2 pendapat Ulama kelas dunia yang mengomentarinya. Pertama ungkapan dari guru saya sendiri di mekkah, yaitu Sayyid Muhammad bin Alawy bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani ra. Beliau sendiri yang mengungkapkan bahwa Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin qs. Adalah Sulthon Awliya fi Hadza Zaman dan kedua Mursyid Kammil Mukammil Thoriqoh Naqsyabandi Al-Haqqani, As-Sayyid Al-‘Alamah Al-‘Arif billah Syekh Mohammad Nazim Adil al-Haqqani, sufi kenamaan dari Cyprus yang menyebutkan Pangersa Abah (Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin qs) adalah Sufi agung di timur jauh.
    Dalam majalah sintoris (Sinar thoriqoh islam) disebutkan As-Sayyid Al-‘Alamah Al-‘Arif billah Syekh Mohammad Nazim Adil al-Haqqani ra mengatakan bahwa Syekh Ahmad Shohibul wafa Tajul ‘Arifin adalah WALI AGUNG DITIMUR JAUH.. hal itu pernah disampaikan juga di kampus oleh KH.Wafiuddin setelah mendampingi syekh Mohammad Nazim Adil al-Haqqani ke P.P.Suryalaya.

    ini ada cerita menarik Subhan teman Dosen IAILM Suryalaya pernah berkunjung ke Martapura silaturahmi kepada Wali Mursyid yg masyhur yang di kunjungi para alim ulama Habaib dari belahan Dunia Tuan Guru A. Zaini Abdul Ghani Al-Idrus yang lebih dikenal dengan Tuan Guru Ijai menyebutkan SYEH A. SHOHIBUL WAFA TAJUL ARIFIN ADALAH LAUTAN THORIQOH.

    Bagi yang ingin berlangganan majalah tasawuf nuqthoh, sinthoris, atau tabloid tentang tasawuf robithoh.Bisa Hubungi Kiai Ayi abdul Jabbar dengan no. contak 081395124170.

    Salam Untuk Wali Mursyid

    السَّلَامُ عَلَيْكَ – Salam untukmu —
    يَا مَالِكَ الزَّمَانِ wahai penguasa zaman,
    وَ يَا إِمَامَ الْمَكَانِ pemimpin wilayah,
    وَ يَا قَائِمَ بِأَمْرِ الرَّحْمَانِ penegak ketentuan ar-Rahman,
    وَ يَا وَارِثَ الْكِتَابِ pewaris kitab,
    وَ يَا نَائِبَ الرَّسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ wakil Rasulullah s.a.w.,
    يَا مَنْ مِنَ السَّمَاءِ وَ الْأَرْضِ عَائِدَتُهُ yang selalu pergi pulang antara bumi dan langit,
    يَا مَنْ أَهْلَ وَقْتِهِ كُلُّهُمْ عَائِلَتُهُ yang orang-orang sezamannya adalah keluarganya,
    يَا مَنْ يُنَـزَّلُ الْغَيْثُ بِدَعْوَتِهِ yang diturunkan pertolongan karena doanya,
    وَ يُدَرُّ الضَّرْعُ بِبَرَكَتِهِ - yang dikucurkan limpahan susu karena keberkahannya —
    وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ – الْفَاتِحَةُ beserta rahmat Allah dan keberkahanNya, al-Fatihah…

  19. 22

    ilham said,

    ini ada cerita menarik Subhan teman Dosen IAILM Suryalaya pernah berkunjung ke Martapura silaturahmi kepada Wali Mursyid yg masyhur yang di kunjungi para alim ulama Habaib dari belahan Dunia Alimul ‘allamah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh H. Muhammad Zaini Abd. Ghani ( Tuan Guru Ijai ) bin Al ‘arif Billah Syekh Abd. Ghani bin Syekh Abd. Manaf bin Syekh Muh. Seman bin Syekh. M, Sa’ad bin Syekh Abdullah bin ‘Alimul ‘allamah Mufti Syekh. M. Khalid bin ‘Alimul ‘allamah Khalifah Syekh. Hasanuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.
    Mufti Kesultanan Indragiri Syekh Abd Rahman Shiddiq, berpendapat bahwa Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari adalah keturunan Alawiyyin melalui jalur Sultan Abdurrasyid Mindanao.
    Jalur nasabnya ialah Maulana Muhammad Arsyad Al Banjari bin Abdullah bin Abu Bakar bin Sultan Abdurrasyid Mindanao bin Abdullah bin Abu Bakar Al Hindi bin Ahmad Ash Shalaibiyyah bin Husein bin Abdullah bin Syaikh bin Abdullah Al Idrus Al Akbar (datuk seluruh keluarga Al Aidrus) bin Abu Bakar As Sakran bin Abdurrahman As Saqaf bin Muhammad Maula Dawilah bin Ali Maula Ad Dark bin Alwi Al Ghoyyur bin Muhammad Al Faqih Muqaddam bin Ali Faqih Nuruddin bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khaliqul Qassam bin Alwi bin Muhammad Maula Shama’ah bin Alawi Abi Sadah bin Ubaidillah bin Imam Ahmad Al Muhajir bin Imam Isa Ar Rumi bin Al Imam Muhammad An Naqib bin Al Imam Ali Uraidhy bin Al Imam Ja’far As Shadiq bin Al Imam Muhammad Al Baqir bin Al Imam Ali Zainal Abidin bin Al Imam Sayyidina Husein bin Al Imam Amirul Mu’minin Ali Karamallah wa Sayyidah Fatimah Az Zahra binti Rasulullah SAW.
    Tuan Guru Ijai menyebutkan SYEH A. SHOHIBUL WAFA TAJUL ARIFIN ADALAH LAUTAN THORIQOH.

  20. 23

    Assalammualaikum wr wb dengan segala kerendahan hati bisakah bertemu dengan beliau karaena saya maaf jika saya selalu canggung karena bila melihat ulama besar sudikah dia menemui saya itu yg selalu ada di benak saya bila ingin bertanya ke ke ulama atau ke kyai-kyai,terimah kasih banyak atas perhatiannya

  21. 24

    Assalamu Alaikum, wr. wb.

    sebelumnya mohon maaf,
    bukankah mencari berkah pada seorang manusia selain Allah,. S.W.T., adalah perbuatan syirik?

    saya adalah hamba Allah yang begitu hina dan begitu haus akan Ilmu Agama, saya selalu mencari jalan_Nya yang diridhoi, namun hingga detik ini masih bimbang kemana harus berguru, aku takut sesat dan menyekutukan_Nya.

    saya sudah membaca Wahdah Islamiah, Assunnah, Syiah, dan sy dibesarkan dari keluarga Muhammadiyah dan NU. saya melihat jamaah Tablik dan persekurtuan ummah laiinya, namun hingga saat ini saya masih bimbang kemana saya harus belajar Islam yang sesuai tuntunan Rasulullah, S.A.W.,

    MOHON ijin untuk mengambil (copy) tulisan yang ada dalam situs ini sebagai penambah ilmu dan referensi saya.

    wassalam,.

  22. 25

    org baru said,

    posting yg sangat bagus

  23. 26

    doabuwarni said,

    assalam..
    saudaraku admin yang semoga selalu di rahmati Allah.
    sanjungan untuk artikel yang saudara suguhkan, dan mohon ijinya untuk menyalin beberapa isi artikel untuk sekedar sebagai bahan menambah ilmu.
    terimakasih.
    wassalam.

  24. 27

    Tajuk65 said,

    Ass, salam kenal. Ana sangat mengagumi Ayah dan anaknya, karna ana pernah mondok di darul hadist al-faqihiyah malang, nama ana di kampung Tajeri di pondok di robah Al-Buchori. ana asli Pagaralam Sumatera Selatan. Alfatiha ilaihim

  25. 28

    Tajuk65 said,

    Klaupun ada tulisan dan haul beliau di darul hadist malang tolong infonya

  26. 29

    zahir bin ismail said,

    Abg sy blajr di pesantren trsbut. Wktu sy baca biografi beliau hati sy tersntuh. Di mana saya boleh dptkan biografi beliau dgn lgkap?

  27. 30

    muchlis said,

    haul al habr kapan ustd?

  28. 31

    Hj Anis Sulala said,

    Jakarta 12 Juni 2012
    Asssalamu alaikum Wr.Wb.
    Salam hangat dan salam sejahtera buat segenap segenap Masyarakat dan keluarga besar KOBUKI di seluruh Wilayah NKRI.
    Perkenalkan kami adalah Ketua Dept Pemberdayaan Wanita DPP KOBUKI. Sebelumnya perlu Kami ceritakan catatan harian yang tak bisa kami lupakan . Pada saat hangat-hangat pemilihan Capres dan Cawapres tahun 2009 yang lalu , kami dengan rombongan kobuki mengadakan kunjungan silaturrahmi kebeberapa kandidat Presiden RI . Singkat ceritanya begini ” baru pertama kali kami masuk kerumah dinas Kediaman Bapak Wakil Presiden RI yakni Bapak Drs Yusuf Kala , sebenarnya itu bermula ajakan dari Ketua Umum Kobuki , yang telah menelpon Kami untuk di ajak dan diperkenalkan dengan Hhabib Bakri Assegaf , yang kebetulan ada rencana bersilaturrahmi ketempat Habib Muhammad Assegaf , dimana Habib Muhammad Assegaf adalah team spiritual pasangan bapak JK & wiranto” dimana pada saat itu kami bersama beberapa ulama dan kyai diantarnya ; ustadz Misbach dari tegal, Ustadz Ahmah Zaini Aba gus har” habib Wahab Sardi Halim Al Jufri dan mamy dariyah Efendi Syarif., bersama-sama dengan jamaah Tibul Qulub yang akan berkonfoi dari lenteng menuju jalan diponegoro rumah kedimanan Wapres RI. , pada saat itu itu ulama sufi muda yang juga Ketua Umum DPP KOBUKI , Gus har” kurang yakin kalau-kalau team spiritual yang dipimpin Habib Muhammad Assegaf akan sukses dan menang, seiring dengan itu seperti pada saat dialog di bascamnya habib , Gu Har berkata kalau saya lihat sepertinya pak Yusuf Kala tidak berhasil ,…?/ langsung Habib menjawab , hal itu kita serahkan saja pada Alloh Swt dan Rakyat Indonesia yang mau menginginkan pemimpin yang baik…? Sejalan dengan itu gus har berkata kalau begitu kami harap Habib pimpin doa untuk kita semua rombongan alim Ulama yang hadir ini…? Ayo bib pimpin doa ..? Kata habib silakan Kyai gus har saja yang pimpin , setelah dengan jawaban Habib begitu akhirnya gus har tawarkan pada Ustdaz Misbach dan Syech Ahmad Zaini , namun keduanya balik memberikan pimpinan doa pada Gus Har , sehingga Gus Har pun memimpin doa pada saat itu untuk keselamatan kita semua , Bangsa dan Negara ,kata -kata amin pun bergema , yang keluar dari mulut para ulama, kyai ustad dan para Habaib yang ada disitu.. Lanjut Cerita setelah selesai berdoa Gus har bercakap cakap kembali dengan Habib bakkri Assegaf , dimana Habib Bakri bertanya pada Gus har Gimana Berita dari langit jawab Gus Har sepertinya Presiden RI yang akan jadi SBY dan wakilnya ‘ jadi bagimana sebaiknya ,,lanjut’ Habib bakri’ , tanya saja sama Habib Muhammad Assegaf selaku koordinator para habaib dalam team spiritual Capres dan Cawapres JK&Wiranto, disela-sela cerita , kembali pada saat Yusuf Kala dan rombongan pengawalnya tiba di areal halaman rumah ISTANA WAPRES , dimana areal tersebut telah ditutup beberapa hambal dan karpet .Acarapun segera dimulai Pertama-tama sambutan sambutan dan yang pertama sambutan Habib Muhammad Assegaf , yang dimana Habib Muhammad Assegaf sempat keliru mengatakan dan menyebut Gus Har , seperti ini katanya ” yang kami Hormatti Tamu kita Ulama dari madura yang dipimpin oleh kyai gus Sholeh dan para robongannya , para kyai para habaib para ustadz , yang seharusnya yang kami Hormati Rombongan Para Alim Ulama Kyai Gus Har dari madura , pada saat itu tempat duduk Gus Har bertepatan di samping wapres deret kedua dari pak Yusuf Kala disampin Habib Alhabsi dari tebet. Disisi lain singkat cerita kata Kyai Syafii yang sedang berdialog dengan Gus Har selepas selesai acara ritual , ‘ kata Kyai Syafii pada Gus har , pak Gus Har kalau menurut saya kita ini semua nya tahu tapi tidak tahu ..? yang artinya kita tahu yang kita lihat sekarang ini namun kita tidak tahu apa yang bakal terjadi besok..? GUS HAR pun menjawab kalau menurut saya . Saya tahu tapi sampean tidak tahu , sebab saya dapat berita dari langit . ” Bahwa JK&Wiranto bakal kalah dan dapat urutan yang paling bawah ” jadi begitu ya pak Gus Har . kalau begitu yang bakal terjadi maka sebaikan apa yang perlu kita lakuhkan sambut kyai Syafii , jawab Gus Har ” sebaiknya kita bersyukur . ! Motong pembicaraan Kyai syafii mengatakan oh iya terima kasih , jangan lupa mampir dipondok kami ditebet , nanti kalau Pak Gus Har ;lain waktu kita diskusi lagi. Terima kasih paka kyai jawab Gus Har. Kembali menganalisa cerita di atas TERNYATA KATA-KATA GUS HAR TERBUKTI.

    Berangkat dari cerita dan pengalaman diatas , kami menghimbau kepada Para kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode tahun 2012 s.d 2017 mendatang agar mengundang dan mengajak keluarga besar Kobuki yang berada di wilayah Jakarta , sekaligus sowan pada Gus Har selaku Ketua Umum DPP KOBUKI , biar tidak kecewa dibelakang hari . Sebab menurut kami Gus Har itu dapat mau’nah dari alloh karena ketulusannya dan kesufiannya sehingga dia bisa mendengar berita dari langit , sekaligus tanyakan siapa yang bakal jadi Gubernur DKI Jakarta nanti , tak lupa kami menghimbau kepada segenap warga besar kobuki yang berada di Jakarta yang tergabung dalam Muslimat NU maupun Aisyah Muhammadiyah agar bertanya kepada pimpinan kita . Siapa yang bakal jadi sekaligus yang harus kita dukung . Sebab sampai saat ini kamipun kehilangan kontak hubungan dengan Gus Har Ketua Umum//Ajaraham DPP KOBUKI kita.
    Demikian akhir kata teriring doa sholawat ALLOHUMMA SHOLLI ALAA NANANG HARIADI (GUS HAR) KAMMA SHOLLAITA ALAA NABIYULLOH IBRHIM WA NABIYULLOH DAUD WA NABIYULLOH MUSA WA NABIYULLOH ISA WA NABIYULLOH MUHAMMAD . AMIEN YA ROBBAL ALAMIN.
    JAKARTA 12 JUNI 2012
    DEWAN PENGURUS PUSAT
    KONTAK BUDAYA KOMUNIKASI INDONESIA
    ( DPP KOBUKI)

    TTD cq

    HJ ANIS SULALA
    KOORDINATOR DEPT PEMBERDAYAAN WANITA DPP KOBUKI
    HP’ 087884351905

  29. 33

    Ahmad Fahmi said,

    Subhanallah..

  30. 36

    Aaaa said,

    Lhoooo solawatnya aneh…!!!!maaf ya…

  31. 37

    جواد said,

    Kenapa nama ust.Abdullah Awwad Abdun tidak dicantumi sebagai muridnya yg berhasil mendirikan ponpes DarutTauhid? Padahal penulisnya sendiri juga murid ust.Abdullah Abdun.bginilah habib2 dizaman ini sudah terlalu asobi n meremehkan kaum lain,tidak seperti datuk2 mereka yg sangat santu…

  32. 38

    muhammad rosidin said,

    solalloh ala muhammadx3


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: