Pikir sebelum Bicara!

Rasulullah bersabda, Barang siapa yang benar-benar beriman dengan Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia berkata dengan perkataan yang baik. Jika tidak bisa, maka lebih baik diam.

Jika kita mau bicara, kita pikir dulu! Karena omongan yang keluar dari lisan, gak akan berlalu begitu saja. Nanti akan dihisab di hari kiamat! Jika yang kita omongkan baik, maka dapat pahala. Jika yang diomongkan adalah sesuatu yang gak diridhoi Allah maka balasannya adalah azab dari Allah.

Di dalam hadits lainnya, Rasulullah menyebutkan bahwa setiap perkataan manusia akan menjadi saksi jelek baginya kecuali 3 hal. Yaitu dzikrullah, amar ma’ruf (memerintahkan kebaikan), nahi munkar (mencegah perbuatan buruk).

Zaman sekarang terbalik.Zaman sekarang jarang yang ngajak kebaikan dan banyak yang memerintahkan untuk bermaksiat. Banyak diantara ibu-ibu yang menyuruh anaknya keluar ke toko dengan keadaan terbuka pakaiannya. Jika anaknya dia di rumah terus maka takut dibilang terlalu keras/kolot. Padahal Nabi Muhammad dalam haditsnya mengatakan, Seorang perempuan yang keluar dari rumahnya dalan keadaan terbuka maka diharamkan untuk mencium bau surga.

Padahal bau surga dapat dicium dari jarak perjalanan 1000 tahun. Dan jika sudah dilarang mencium, apalagi jika ingin masuk surga. Hampir mustahil!

Jika kita lihat ada kemungkaran, coba kita tegur secara halus Karena jika sudah tak ada rasa saling menegur dan saling menasehati, maka kemungkaran itu akan menjadi hal yang biasa dan tersebar di mana-mana.

Padahal jika kita mau mengorbankan diri kita dengan mengajak kebaikan dan melarang kemungkaran, maka insya Allah akan terjadi suatu perubahan yang besar di Negara ini. Ibadah dan taat akan tersebar di mana-mana dan maksiat pun akan berkurang sedikit demi sedikit.

4 Tanggapan so far »

  1. 1

    Fakhrurrozy said,

    Assalamu’alaikum Mas yg punya blog ini,

    Jika berkenan, saya ingin menaruh artikel ini ke blog saya. Mohon izinnya.

    Jazakallah khoir,

    Wassalam

  2. 2

    Noegraha said,

    Assalamu’alaikum

    mAAF KALAU DIPERBOLEHKAN SAYA JUGA MO NGOPI
    SEMOGA BERMANFAAT FOR ALL TERIMA KASIH

  3. 4

    handoko said,

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Saya mohon ijin copy artikel2nya ya?
    Semoga menjadi ilmu yang bermanfa’at.
    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: