Ma’tsuraat

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ {1/1}
الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ {1/2} الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ {1/3} مَلِكِ يَوْمِ الدِّينِ {1/4} إِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ {1/5} اهدِنَا الصِّرَاطَ المُستَقِيمَ {1/6} صِرَاطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِمْ غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ {1/7}
1.Dengan nama Allah, Yang Maha pengasih, lagi Maha Penyayang.
2.Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
3.Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang.
4.Yang menguasai hari pembalasan
5.Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.
6.Tunjukilah kami jalan yang lurus,
7.(yaitu ) jalan orang-orang yang Engkau telah anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) orang-orang yang di murkai (yahudi), dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat(Nasrani).
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الم {2/1} ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ {2/2} الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ {2/3} والَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ وَبِالآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ {2/4} أُوْلَئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ {2/5}
1.Alif, Laam, Miim.
2.Kitab (Al-Quran ini), tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa;
3.(Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan sholat dan meafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka,
4.Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu,
dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.
5.Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

اللّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
{2/255}
Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang hidup kekal, lagi terus menerus mengurus (sekalian makhlukNya). Yang tidak mengantuk dan tidak tidur.KepunyaanNya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat (pertolongan) di sisi Allah tanpa seizinNya.Allah mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka,Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang di kehendakiNya. Kursi Allah (ilmuNya dan kekuasaanNya) meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Allah Maha Tinggi (darjat kemuliaanNya), lagi Maha Besar (kekuasaanNya). (2/255)

لاَ إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَد تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِن بِاللّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىَ لاَ انفِصَامَ لَهَا وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ {2/256}
Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Taghut, dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat yang amat kuat, yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui.(2/256)

اللّهُ وَلِيُّ الَّذِينَ آمَنُواْ يُخْرِجُهُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوُرِ وَالَّذِينَ كَفَرُواْ أَوْلِيَآؤُهُمُ الطَّاغُوتُ يُخْرِجُونَهُم مِّنَ النُّورِ إِلَى الظُّلُمَاتِ أُوْلَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ {2/257}
Allah Pelindung orang-orang yang beriman.Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindung mereka ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya (iman) kepada kegelapan (kufur). Mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.(2/257)

لِّلَّهِ ما فِي السَّمَاواتِ وَمَا فِي الأَرْضِ وَإِن تُبْدُواْ مَا فِي أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ اللّهُ فَيَغْفِرُ لِمَن يَشَاء وَيُعَذِّبُ مَن يَشَاء وَاللّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ {2/284}
Kepunyaan Allahlah segala yang ada di langit dan apa yang ada di bumi . Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu memyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendakiNya dan menyiksa siapa yang di kehendakiNya (menurut undang-undang peraturanNya) Dan (ingatlah), Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.(2/284)

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللّهِ وَمَلآئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ وَقَالُواْ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ {2/285}
Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman; semuanya beriman kepada Allah, dan Malaikat-malaikatNya, dan Kitab-kitabNya, dan Rasul-rasulNya. (Mereka berkata): “Kami tidak membeda-bedakan antara seorangpun (dengan yang lain) dari Rasul-rasulnya” . Dan mereka mengatakan: Kami dengar dan kami taat (mereka berdo’a) ampunilah kami ya Tuhan kami, dan kepada Engkau lah tempat kembali” .

لاَ يُكَلِّفُ اللّهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَآ أَنتَ مَوْلاَنَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
{2/286}
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya, dan ia menanggung dosa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa ): “Ya Tuhan kami, Janganlah Engkau hokum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, Janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, Janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang kami tidak sanggup memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami; oleh itu, tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ {112/1} اللَّهُ الصَّمَدُ {112/2} لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ {112/3} وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ {112/4}( ثَلَاثًا)
1.Katakanlah: “Dialah Allah, yang Maha Esa
2.Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3.Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan,
4.dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”. (3X)

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ {113/1} مِن شَرِّ مَا خَلَقَ {113/2} وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ {113/3} وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ {113/4} وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ {113/5}( ثَلَاثًا)
1.Katakanlah: “ Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh,
2.dari kejahatan mahluk-Nya,
3.dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
4.dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,
5.dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (3x)

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ {114/1} مَلِكِ النَّاسِ {114/2} إِلَهِ النَّاسِ {114/3} مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ {114/4} الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ {114/5} مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ {114/6}( ثَلَاثًا)

1.Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia
2.Raja manusia
3.Sembahan manusia
4.dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,
5.yang membisikkan (kejahatan) kedalam dada manusia.
6.dari (golongan) jin dan manusia”. (3x)

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ( أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى) الْمُلْكُ لِلَّه وَالْحَمْدُ لِلَّهِ لَا شَرِيكَ لَهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وإليه النشور(المصير). ( ثَلَاثًا)
Kami hayati pagi (sore)ini ya Allah, dimana pagi ini kerajaan (alam buana ini) di tangan-MU. Puji (tahmid) untuk Allah.Tidak ada sekutu bagi-Nya. Tidak ada Tuhan melainkan Dia. kepada-Nya kami bakal dihimpunkan. (3x).

أصبحنا( أَمْسَيْنَا) على فطرة الإسلام, وكلمة الإخلاص و على دين نبينا محمد صلى الله عليه و سلم, وعلى ملة أبينا إبراهيم حنيفا وما كان من المشركين. ( ثَلَاثًا)
Kami hayati pagi ini atas landasan fitrah dan perwatakan Islam.Berpegang pada kalimah Ikhlas (dan prinsip) keikhlasan .Berpegang pada Dien (agama) Nabi-Mu Muhammad Sallallahu alihi wasallam agama yang juga agama ayah kami Ibrahim dengan setulus hati .Dan tidaklah (nabi) Ibrahim itu termasuk golongan orang yang musyrik. (3x).

اللَّهُمَّ إنى أصبحت منك فى نعمة وعافية وستر فأتم على نعمتك و عافيتك وسترك فى الدنيا والأخرة. ( ثَلَاثًا)
Ya Allah pada pagi ini kami rasakan nikmat pemberian-Mu, kesehatan dan perlindungan dari-Mu maka sempurnakanlah nikmat, afiat dan perlindunganmu terhadap kami di dunia dan akhirat. (3x).

اللَّهُمَّ ما أصبح بي من نعمة أو بأحد من خلقك فمنك وحد ك لا شريك لك, فلك الحمد و لك الشكر.( ثَلَاثًا)
Ya Allah apa saja nikmat yang kami dapati di waktu siang dari makhlukmu, maka sebenarnya darimu jua.Tidak ada sekutu bagimu . Pujian dan syukur untuk-Mu. (3x).

يا ربي لك الحمد كما ينبغى لجلال وجهك وغظيم سلطانك. ( ثَلَاثًا)
Ya Tuhanku, untuk-Mu pujian yang standing dengan kebesaran dan kemuliaan wajah-Mu, dan keagungan kekuasaan-Mu. (3x)

رضيت بالله ربا و بالإسلام دينا وبمحمد صلى الله عليه و سلم نبيا ورسولا. ( ثَلَاثًا)
Aku redhai Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad SAW sebagai nabi dan RasulNya. (3x).

سُبْحَانَ اللَّهِ وبحمده, عَدَدَ خَلْقِهِ ورِضَا نَفْسِهِ, وزِنَةَ عَرْشِهِ, ومِدَادَ كَلِمَاتِهِ . ( ثَلَاثًا)
Maha suci Allah dengan segala tahmid-Nya sebanyak makhluk ciptaan-Nya, sebanyak keredhaan diri-Nya, sebanyak berat timbangan Arasy-Nya dan sebanyak dakwat untuk kalimahya. (3x).

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. ( ثَلَاثًا)
Dengan nama Allah yang segala sesuatu baik dilangit maupun dibumi tidak akan memberi apa-apa mudarat selama bersama dengan Nama-Nya. Dengan nama Allah yang maha Mendengar dan Maha Mengetahui. (3x).

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نُشْرِكَ بِكَ شَيْئًا نَعْلَمُهُ وَنَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لَا نَعْلَمهُ. ( ثَلَاثًا)
Ya Tuhan, sesungguhnya kami berlindung dengan Engkau dari menyekutukan Engkau dengan sesuatu apa juapun yang kami ketahui dan kami memohon dari Engkau terhadap kesalahan yang kami tidak mengetahuinya. (3x).

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. ( ثَلَاثًا)
Aku berlindung dengan kalimah-kalimah Allah yang sempurna dan tepat dari segala kejahatan makhluk yang telah Dia cipta. (3x).

اللَّهُمَّ إني أعوذ بك من الهم والحزن, و أعوذ بك من العجز والكسل, وأعوذ بك من الجبن والبخل, وأعوذ بك من غلبة الدين وقهر الرجال. ( ثَلَاثًا)
Ya Allah, berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kedukacitaan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan bakhil. Aku berlindung kepada-Mu dari beban hutang dan penindasan orang. (3x).

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي. ( ثَلَاثًا)
Ya Allah, sejahterakanlah badanku, Ya Allah sejahterakanlah pendengaranku, Ya Allah sejahterakanlah penglihatanku. (3x).

اللَّهُمَّ إِنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْت. ( ثَلَاثًا)
Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari kufur dan kefakiran. Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. (Ikrar kami) tidak ada Tuhan (sebenarnya) kecuali Engkau. (3x).

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوء بِذَنْبِي ُ فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ . ( ثَلَاثًا)
sahaja. Engkau yang jadikan diriku. Aku (hanya) hamba-Mu. Aku berusaha seberapa daya untuk memegang janji-Mu. Aku berlindung kepada-Mu, Ya Allah akibat dari kejahatan yang terlanjur telah aku lakukan. (Ya Allah aku mengaku), sekalian banyak nikmatmu kepadaku dan aku mengakui juga akan sekalian banyak dosaku maka ampunilah dosaku. Tiada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. (3x).

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ . ( ثَلَاثًا)
Aku memohon ampun pada Allah yang tiada tuhan melainkan Dia, yang berdiri dengan sendiri aku bertaubat kepada-Nya (akan segala dosaku). (3x).

اللهم صل على محمد وعلى آل سيدنا محمد كما صليت على سيدنا إبراهيم وعلى آل إبراهيم وبارك على محمد وعلى آل سيدنا محمد كما باركت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد

Ya Allah, restuhilah junjungan kami Muhammad SAW dan keluarga beliau sebagaimana Engkau merestui junjungan kami Ibrahim dan keluarganya. Berkatkanlah junjungan kami Muhammad SAW dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberkati junjungan kami Ibrahim dan keluarganya dalam alam ini. Sesungguhnya Engkau amat berhak dipuji dan diagungkan. (10x).

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ. ( ثَلَاثًا)
Maha suci Engkau Ya Allah, dengan segala kebesaran dan tahmid aku bersaksi dan bahwa tidak ada tuhan kecuali Engkau aku mohon ampun dari-Mu akan segala dosa kesalahan. (3x).

اللهم صل على سيدنا محمد عبدك ونبيك ورسولك النبي الأمي وعلى آله وصبحه وسلم تسليما عدد ما أحاط به علمك وخط به قلمك وأحصاه كتابك وارض اللهم عن ساداتنا أبي بكر وعمر وعثمان وعلى وعن الصحابة أجمعين وعن التابعين بإحسان إلى يوم الدين

Ya Allah, restui dan berkatilah junjugan kami Muhammad SAW sebagai hamba, nabi dan rasul-Mu yang ummi. Berkatkanlah keluarga dan sahabat baginda. Sejahterakanlah baginda selama-lamanya. Kami mohonkan sebanyak bilangan apa saja yang diketahui oleh Allah atau sebanyak perkara yang di tulis oleh pena-Nya dan sebanyak yang dirangkum oleh kitab-Nya. Terimalah dan relakanlah orang-orang terutama kami: Sayyidina Abu Bakar, Umar, Usman, Ali. Dan para sahabat Baginda semuanya para Tabi’in dan orang-orang yang mengikuti jejak langkah mereka sampai hari pembalasan. Terimalah ( kepulangan) mereka dengan sebaik-baiknya.

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ {37/180} وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ {37/181} وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ {37/182}
Maha suci Tuhan yang memiliki kebesaran dan kemuliaan dari segala sifat yang tercela yang diberikan oleh mereka kepada-Nya(37:180). Salam sejahtera untuk para Rasul (37:181) dan segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam. (37:182)

1 Response so far »


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: