Jangan Siakan Empat Masa

“Tapi setiap kita harus berusaha memperbaiki diri sendiri dan keluarga, jangan menunggu orang lain,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta kepada jamaah untuk menjaga empat waktu dalam sehari. Mulai antara magrib dan isya, masa sekitar satu jam seperempat ini, menurutnya tidak boleh dihabiskan untuk nonton kuis, gosip atau sinetron.

“Matikan TV dan lakukan empat amalan ini, solat sunnah, membaca Alquran, zikir atau hadir di majelis ilmu,” ujarnya.

Setelah itu, waktu sebelum subuh, meski hanya 15 menit sebelumnya harus sudah bangun untuk melaksanakan solat sunnah, walau hanya dua rakaat. Bahkan Habib Jindan mengenang, sewaktu ia kecil ia selalu dibangunkan orang tua sekaligus gurunya. Anak-anak usia 3-4 tahun pun dibangunkan, mereka memang bermain dan tidak solat.

“Tapi yang penting ketika rahmat dan karunia Allah turun di waktu fajar, mereka tidak tidur,” ujarnya

Waktu ketiga yang tidak boleh disiakan, adalah sehabis solat subuh sampai terbit matahari. Ini adalah waktu untuk zikir, ngaji atau belajar. Bukan untuk tidur atau kegiatan sia-sia lainnya.

“Barang siapa yang melakukan ini, Ia akan mendapatkan pahala haji dari Allah yang sempurna dan memperoleh rizki lebih cepat, dari orang yang subuh-subuh sudah bekerja,” ujarnya.

Terakhir waktu yang harus dipelihara adalah, saat-saat sebelum magrib, gunakan untuk duduk beristigfar, sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah untuk berzikir pagi dan sore.

“Sayangnya, saat ini kita lebih banyak dibodohi oleh pemikiran asing dan buaian media, sehingga menyia-nyiakan keempat waktu tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh jamaah untuk kembali kepada Allah, kembali kepada sebuah peradaban yang terbukti dan terjamin, ratusan tahun telah membawa kebangkitan bagi umat manusia.

4 Tanggapan so far »

  1. 1

    Yudhi kal-sel said,

    Ass.Wr.Wb. Alhamdulillah wasyukurillah mdhn ilmu yg kt dapatkan dr block ini kt semua d rahmati oleh 4jj1 SWT dan semoga kt semua menjadi orang2 yg taat akan perintah-Nya. Amin…Amin ya rabbal alamin…Trms saudaraku atas infonya

  2. 3

    habibi alisyahbana said,

    subhaanallaah.. semoga kesibukan2 ini tidak mengganggu waktu2 penting di atas..🙂
    syukran atas posting nya..

  3. 4

    yoyo wahyu prasetyo said,

    Yth;Bpk/Ibu/Sdr saya mohon pertolongannya bgmn supaya saya bisa memiliki rekaman ceramah KH Abdullah Syafi’i saya mencoba download ceramah beliau blm ada tmpt mengakseb saya sdh berusaha mencari lewat internet google,fb,dan youtube dsb.sekiranya ada yg mau menbantu bs menghubungi saya di 087774254701 trmksh Jazzakallahu khoiran


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: