Habib ‘Abdullah bin ‘Alwi Al-Haddad

Memilih Yang Terbaik; Meninggalkan Yang Terburuk

DI ZAMAN INI kita harus berhati-hati, sebab zaman ini adalah zaman syubhat. Para ulama menyatakan, tidak sepatutnya seorang yang berilmu bingung membedakan yang baik dan buruk. Sebab, kebaikan dan keburukan adalah dua hal yang sangat jelas, setiap orang dapat membedakannya.

Seorang berilmu ketika harus memilih satu di antara dua kebaikan atau dua keburukan, maka dia akan memilih kebaikan yang terbaik dan meninggalkan keburukan yang terburuk. Sebagai contoh, jika ada seseorang ingin melukaimu dengan tongkat atau pisau, dan kau tidak dapat menghindarinya, maka terluka oleh tongkat lebih ringan. Atau ada seseorang tidak mampu berjalan, sedangkan kau mampu. Jika kau turun dari hewan tungganganmu dan menyuruhnya naik, maka itu lebih baik daripada engkau boncengkan dia[1], meskipun kedua duanya baik.

Beginilah keadaan kami di zaman ini. Memilih yang terbaik dari dua kebaikan dan meninggalkan yang terburuk dari dua keburukan merupakan salah satu kaidah agama yang disampaikan oleh para salaf seperti Imam Mâlik Bin Anas dan ulama lainnya. Semoga Allâh meridhai mereka semua.

Barang siapa tidak mengetahui kaidah ini, maka dia adalah seorang yang bodoh. Jika dia tidak mengetahui kaidah ini dan memandang dirinya sebagai seorang yang berilmu, maka dia adalah seorang yang teramat bodoh. Dia seperti seorang kikir yang merasa dirinya sebagai seorang dermawan. Orang seperti ini adalah orang yang teramat kikir.

——————————————————————————–

[1] Dahulu yang dijadikan kendaraan adalah kuda, keledai dan onta. Memberikan beban yang berlebihan kepada mereka bukanlah sikap yang mulia, kecuali jika memang hewan tersebut kuat.

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    moch iqbal said,

    assalamualikum wr.wb

    al-hamdulillah tampilan ini sdh sngt bagus sekali, tapi ane harapkan disini dilampirkan juga manaqib habib muda-muda sperti habib munzir, habib amad jindan, habib jindan dll. dan tlg lampirkan thoriqoh alawiyin, dan pakah orang awam bisa mengikuti thoriqoh para habib n baiat k habib sypa

  2. 2

    Ana butuh wirdul latif,rotibul athas,dan rotibul haddad.kl ada mohon dikirim ke emailku.syukron.agusnadi75@yahoo.co.id

  3. 3

    [...] Habib ‘Abdullah bin ‘Alwi Al-Haddad [...]


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: